Senin, 14 Mei 2012

Batu Permata

Batu permata adalah sebuah mineral, batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor. Batu permata harus dipoles sebelum dijadikan perhiasan.
Di dunia ini tidak semua tempat mengandung batu permata. Di Indonesia hanya beberapa tempat yang mengandung batu permata antara lain di provinsi Banten dengan Kalimayanya, di Lampung dengan batu jenis-jenis anggur yang menawan dan jenis cempaka,di Pulau Kalimantan dengan Kecubungnya (amethys) dan Intan (berlian). Batu permata mempunyai nama dari mulai huruf a sampai huruf z yang diklasifikasikan menurut kekerasannya yang dikenal dengan Skala Mohs dari 1 sampai 10. Permata yang paling diminati di dunia adalah yang berkristal yang selain jenis batu mulia seperti Berlian, Zamrud, Ruby dan Safir, batu-batu akik jenis anggur seperti Biru Langit, bungur atau kecubung yang berasal dari Tanjung Bintang, Lampung saat ini banyak di buru oleh para kolektor karena kualitas kristalnya.

Ada beberapa batu permata di Indonesia diantaranya
Khusus di wilayah Kab Purbalingga, sepengetahuan penulis, banyak juga batu yang bisa dikategorikan sebagai batu permata dan terletak di Sungai-sungai atau gua-gua yang ada di belahan Purbalingga Utara (Kec Karanganyar, Karangmoncol, Kertanegara, Rembang, Mrebet). Coba aja ke pinggiran sungai dan pilih batu-batu yang berwarna itu. Bahkan di Desa Rajawana ada penambangan batu kali yang dihargai per bakul Rp 20.000,- sudah beraneka warna.Untuk mendapatkan kualitas batu yang baik, keras dan berwarna datanglah ke tukang batu akik. Biaya penggosokan per butir Rp 10.000,- tergantung kerumitan dan kehalusan. Bila beruntung, anda bisa jadi juragan batu!

Untuk penggoskan batu akik di wilayah Bukateja ada di desa Kembangan (dekat perempatan brak) di sana juga tersedia batu antik dari alam pegunungan (mahal lho bisa mencapai puluhan juta).

Untuk pencarian nbatu mulia di wialyah Kab Kebumen dapat ada jumpai di kec Karang sambung atau di Pasar Kota Kebumen. Pintar-pintarlah dalam menawar.

Sementara untuk pusat kerajinan batu akik di Wilayah purwokerto dapat anda jumpai di sekitar jalan sudirman atau pasar Wage.

Untuk di wilayah Banjar, bisa ke daerah Blambangan, Bawang hubungi pak Kardi (pengrajin batu). Bisa dipilih-pilih sendiri.  

Ghalibnya sambil menikmati perjalanan ke wilayah yang bergunung dan berbatu di alam pedesaan anda juga bisa mendapatkan suasana baru untuk melepas kepenatan kerja.

Indonesia memang kaya raya. Zamrud Khatulistiwa ini sungguh surga seolah pernah bocor, sehingga mutu manikam permata Nusantara tiada duanya di dunia bermunculan di mana-mana.

Selamat menikmati wisata batu di wilayah Purbalingga (Purba=lama, Lingga=batu, Yoni) dan sekitarnya. Wisata yang murah meriah sambil menikmati suasana alam. 


2 komentar:

pak yayak mengatakan...

Apik Mas, mempopulerkan daerah.....

Bayu Lindarto Halim mengatakan...

mau tanya yang warna merah yg masih ujud bongkahan itu namanya batu apa ya ?
koq apik tenan je